Desa Sering Gelar Pelatihan Pengolahan Limbah Rumah Tangga Jadi Sabun Padat -->

Iklan Semua Halaman

Desa Sering Gelar Pelatihan Pengolahan Limbah Rumah Tangga Jadi Sabun Padat

22 Juli 2024
SOPPENGTERKINI.COM--Program pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), Pemerintah Desa Sering me menggelar Pelatihan Pengolahan Minyak Goreng Bekas menjadi Sabun Padat atau Batangan, di Aula Kantor Desa Sering, Kamis (18/7). Kegiatan itu menggandeng LemoKLIN Production

Selain pengembangan SDM, kegiatan ini juga bertujuan penyelematan lingkungan hidup dengan memanfaatkan limbah rumah tangga, dalam hal ini minyak goreng bekas atau minyak jelantah.


Pemateri dari LemoKLIN Production, Dewi Muliana dan Agus Iskandar memaparkan Materi pembuatan sabun batang dari minyak goreng bekas (minyak jelantah). Serta materi tambahan berupa pembuatan sabun cuci piring cair.

"Ini bisa mengurangi biaya sabun cuci, bisa juga menambah penghasilan sehari-hari jika dijadikan kegiatan rutin sebagai industri rumah tangga," ujar Dewi Muliana.

 Owner LemoKLIN Production, Agus Iskandar, mengatakan, selain untuk pengembangan SDM, kegiatan ini merupakan program menyelamatkan lingkungan dengan memanfaatkan limbah rumah tangga, dengan mengolah minyak goreng bekas menjadi sabun batangan. (ST)