Lima Desa di Kecamatan Marioriawa Ada Berstatus Desa Mandiri dan Desa Maju -->

Iklan Semua Halaman

Lima Desa di Kecamatan Marioriawa Ada Berstatus Desa Mandiri dan Desa Maju

25 Agustus 2024

SOPPENGTERKINI.COM- Dua desa di Kecamatan Marioriawa, Kabupaten Soppeng berhasil meningkat status menjadi Desa Mandiri. Yakni Desa Panincong,dan Desa Patampanua.  Tiga desa lainnya berstatus desa maju yakni Desa Bulue, desa Tellulimpoe dan desa Laringgi.



"Dari 49 desa yang ada di kabupaten Soppeng ada 11 desa bersatus desa Mandiri termasuk desa Panincong dan desa Patampanua. Selebihnya berstatus desa Maju dan empat diantaranya berstatus desa Berkembang, "terang Kasi Penataan Desa, Kerjasama Desa dan Pengembangan Kekayaan Desa Andi Irwansyah SE.


 Andi Irwan menjelaskan Desa Mandiri adalah desa yang mempunyai ketersediaan dan akses terhadap pelayanan dasar yang mencukupi, infrastruktur yang memadai, aksesibilitas/transportasi yang tidak sulit, pelayanan umum yang bagus, serta penyelenggaraan pemerintahan yang sudah sangat baik.

Desa Mandiri adalah desa yang memiliki nilai Indeks Pembangunan Desa (IPD) lebih dari 75. Dasar pengukuran Desa Bulian sehingga menjadi Desa Mandiri yaitu berdasarkan Indeks Desa Membangun atau IDM. Adapun dalam IDM tersebut yang unggul adalah Bidang Kesehatan berhasil menurunkan angka Stunting. (ST)